13 Sep 2017

Beratnya Konsekuensi Menyandang Gelar Haji


Menyambut Jemaah Haji Kota Parepare

Oleh Syahrir Hakim

JEMAAH haji Indonesia mulai berdatangan kembali ke tanah air. Hari ini pun, sebanyak 120 jemaah haji Kota Parepare dijadwalkan tiba di kota ini. Selanjutnya ke tempat asal masing-masing dengan menyandang gelar baru 'haji' untuk laki-laki dan 'hajjah' untuk kaum perempuan.

Pada musim haji 1438 H ini, jemaah haji Indonesia kembali ke kuota normal sebanyak 221.000 orang. Kota Parepare tahun ini mendapat kuota 121 orang, itu pun pasca normalnya kuota. Sebelumnya, Parepare hanya mendapatkan kuota sebanyak 97 orang per tahun.

Aturan kuota itulah, sehingga berangkat haji tahun ini membutuhkan perjuangan tersendiri. Kesiapan dana, ilmu, dan tenaga saja tidak cukup. Meski ketiga poin itu terpenuhi, jika “waiting list” alias daftar tunggu belum sampai, ya tak kunjung berangkat juga.

Asal tahu saja, daftar tunggu calon haji (Calhaj) Indonesia rata-rata mencapai 30-35 tahun. Sementara untuk Calhaj Kota Parepare daftar tunggunya juga termasuk panjang, hingga 20 tahun ke depan. Bagi Calhaj yang sekarang berusia 50 tahun ke atas, jika masih diberikan umur panjang kemungkinan bisa berangkat sebagai 'haji manula'.

Begitu tingginya daftar tunggu haji di negeri ini, sehingga pemerintah menyortir pendaftar; yang sudah pernah berhaji, tidak boleh lagi berangkat. Soalnya banyak diantaranya yang berhaji hanya untuk jaga imej (Jaim) di lingkungannya.

Ada juga orang berhaji hanya sekadar untuk kebanggaan. Jika sepulang haji tak disebut 'Pak Haji”'atau 'Bu Haji' mereka tersinggung. Saking bangganya dengan gelar itu, ada pula orang yang mau diberangkatkan haji oleh kantornya tahun depan, saat itu belum ada kuota, dia buru-buru pesan kartu nama: H Anu….. lengkap dengan alamat rumah dan kantornya.

Padahal menyandang gelar haji itu konsekuensinya berat, paling tidak di lingkungannya. Jika ilmu agamanya pas-pasan, siapkah dia ditodong memimpin doa dalam acara selamatan, misalnya. Atau dipersilakan jadi imam di musala atau masjid jika imam tetapnya berhalangan?

Setelah menyandang gelar haji, kita dituntut untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah. Sebab, selama proses pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Mekkah, kita ditempa menjadi manusia yang sempurna. Sempurna dalam arti keberanian, kemampuan, kesabaran, serta kedispilinan dalam beribadah.

Paling berat memang menyandang gelar haji. Sebab, akan menjadi standar atau acuan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Ada perilaku yang salah sedikit saja, sudah dikomentari: 'Haji kok begitu?' Makanya, banyak diantaranya orang sudah berhaji, tapi tak pernah mencantumkan 'H' di depan namanya. Enggan pula pakai asesoris haji seperti peci putih, pakai sorban, atau berjubah.

Selama melaksanakan prosesi haji di tanah suci, para sanak keluarga mendoakan semoga kembali dengan selamat menyandang predikat haji yang mabrur. Apa yang dimaksud haji yang mabrur? Dalam sebuah laman, saya dapatkan sejumlah indikator haji mabrur. Salah satu di antaranya adalah meningkatnya gairah beribadah sekembalinya dari tanah suci. Dibanding sebelum berangkat berhaji.

Mereka yang meraih haji mabrur akan semakin rajin ke masjid untuk salat berjamaah ataupun menghadiri berbagai kegiatan keagamaan. Sebab, selama mereka di tanah suci telah melatih diri untuk terus menerus salat berjamaah di masjid. Bahkan datang lebih awal dari jadwal waktu salat berjamaah. Sampai-sampai rela berlari-larian dan berdesak-desakan untuk meraih tempat yang utama seperti Raudhah yang terletak di dalam Masjid Nabawi, Madinah.

Ada pula orang yang tidak berangkat haji ke tanah suci, malah mendapatkan pahala haji mabrur. Siapakah dia? Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW diterangkan, bahwa sepulang para sahabat menunaikan ibadah haji, hanya ada satu orang yang menjadi haji mabrur.

Para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, siapa gerangan orang yang mabrur hajinya itu. Nabi menyebutkan namanya. Para sahabat mulai mengingat-ingat nama tersebut. Dalam ingatan mereka tidak ada orang berhaji yang disebutkan namanya oleh Rasulullah itu.

Maka, para sahabat menelusuri orang yang dimaksud. Setelah bertemu dengan orang itu, sahabat-sahabat yang datang itu mengucapkan selamat bahwa orang itu menjadi haji mabrur. Tentu saja, orang itu kaget. Terkejut. Dan, akhirnya menjelaskan bahwa dirinya tidak sempat untuk pergi haji pada tahun itu.

Dia menceritakan bahwa sudah berniat pergi haji dan sudah siap segala bekal untuk beribadah haji. Tatkala mau berangkat, dia mengetahui bahwa ada seseorang tetangganya yang sakit keras. Maka, dia menolong si sakit itu, sehingga menguras semua bekalnya untuk beribadah haji.

Tetangganya yang sakit itu ternyata sembuh. Tapi, dia tidak jadi berangkat beribadah haji. Ternyata, orang yang demikian ini menjadi haji mabrur. Jadi, untuk menjadi haji mabrur, harus bisa melihat kenyataan. Tanpa ke sana pun, kalau kelebihan harta bendanya itu untuk menyelamatkan orang, sama saja dengan pergi ke sana dan mendapatkan posisi sebagai haji mabrur. Semoga bermanfaat. (**)

0 komentar:

Posting Komentar