Friday, 15 August 2014

Jika Patriotisme Mulai Meredup

Oleh Syahrir Hakim

Lusa, hari Ahad bertepatan tanggal 17 Agustus 2014, bangsa Indonesia memperingati HUT ke 69 detik-detik proklamasi kemerdekaan. Dalam seremoni rutin setiap tahun ini, ada pengibaran sang saka merah putih oleh paskibraka. Ada pembacaan teks proklamasi, hening cipta, dan pembacaan doa untuk keselamatan bangsa. Suasana hikmat betul-betul terasa saat itu.

Sayangnya, tak banyak lagi warga yang secara khusus beraktivitas memeriahkan peringatan hari yang "keramat" itu. Sekadar memasang bendera merah putih di depan rumah pun masih harus didorong-dorong pemerintah setempat.

Proses upacara peringatan detik-detik proklamasi pun sudah tak sesakral tempo doeloe. Di saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, ada saja peserta upacara asyik memainkan jempol untuk SMS atau membuat status di BBM.

Di saat sang saka merah putih dikerek untuk dikibarkan, ada saja peserta upacara yang asyik mengobrol. Padahal seharusnya bersikap sempurna menghormati bendera kebangsaan kita. Inilah yang sering katakan orang-orang, semangat nasionalisme dan patriotisme terkesan mulai meredup.

Terkait semangat patriotisme, seorang teman saya pernah bertanya kepada kakeknya. Saat itu, kakeknya bersiap-siap mengikuti upacara 17 Agustus di lapangan. Kata teman saya, kakeknya itu salah seorang yang ikut berjuang merebut kemerdekaan. Apa sih, makna kemerdekaan bagi seorang pejuang? Mendengar pertanyaan cucunya, si kakek pun terdiam sejenak. Dia menatap jauh ke depan, seolah-olah berusaha menghimpun ingatan masa lalu.

“Tidak dapat disebutkan dengan kata-kata. Setiap kali mendengar lagu Indonesia Raya, seolah-olah ada yang bergetar dalam diri saya. Setiap melihat merah putih dikibarkan di tiang bendera, rasa haru pun menerpa, tak terasa air mata saya menetes," itu cerita teman saya mengutip jawaban kakeknya.

Mendengar cerita teman, saya berkesimpulan, memperingati hari proklamasi setiap tahun, tidak hanya sebatas seremonial belaka. Ini sebagai wujud rasa hormat dan penghargaan atas jasa pahlawan. Mereka telah mengantarkan bangsa ini kepada kemerdekaan dengan segala pengorbanan. Semangat proklamasi perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama sikap kejuangan yang disebut patriotisme.

Mari kobarkan kembali semangat patriotisme yang mulai meredup. Jangan bertanya apa yang sudah diberikan negara kepadamu, tapi bertanyalah apa yang sudah kamu perbuat terhadap negara ini. Selamat HUT ke 69 Proklamasi Kemerdekaan RI. Dirgahayulah Negeriku!

No comments:

Post a Comment