Wednesday, 17 June 2015

Awal Ramadan 1436 H

Oleh Syahrir Hakim

Saya tidak punya acara khusus penyambutan bulan Ramadan 1436 H. Yang ada hanya melatih diri berpuasa selama dua hari berturut-turut sebelum memasuki bulan suci. Itu tradisi saya. Alasannya, supaya fisik saya dalam menunaikan puasa Ramadan tidak kaget.

Menandai masuknya 1 Ramadan 1436 H, Rabu, 17 Juni 2015 malam tadi, kaum muslimin melaksanakan salat tarwih berjamaah di masjid-masjid. Saya melaksanakan salat tarwih berjamaah di Masjid Al Furqan Jalan Bau Massepe, Parepare. Salat tarwih di masjid ini dilaksanakan dengan 8 rakaat + salat witir 3 rakaat. Sebelumnya dilaksanakan salat Isya berjamaah dilanjutkan ceramah yang disampaikan Drs Andi Jalil. Praktis, kemudian  salat tarwih diimami H Betta dilaksanakan pukul 20.30 Wita.

Andi Jalil dalam ceramahnya menekankan bahwa Allah SWE memanggil orang-orang yang beriman untuk menunaikan puasa Ramadan. Ini dimaksudkan agar orang-orang yang beriman dapat lebih meningkatkan taqwanya kepada Allah SWT.

Kenapa hanya orang-orang yang beriman saja yang dipanggil berpuasa, bukan sekalian manusia. Menurutnya, jika selain orang-orang yang beriman diwajibkan berpuasa, maka mereka tidak akan mendapatkan pahala. Mereka hanya mendapatkan lapar dan haus. Sebab, orang-orang yang tidak beriman itu tidak fokus melaksanakan perintah Allah. Dalam berpuasa pun mereka akan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasanya, sehingga sia-sialah dia berpuasa. (**)

No comments:

Post a Comment