Monday, 8 July 2013

Muhammadiyah Awali Ramadan


Salat Tarwih Perdana di Masjid Al Furqon

Oleh Syahrir Hakim

Warga Muhammadiyah di Kota Parepare, sudah mengawali Ramadan dengan salat tarwih di 13 masjid binaannya, Senin malam, 8 Juli 2013. Sesuai maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bahwa awal puasa jatuh pada Selasa, 9 Juli 2013, sehingga malam tadi dilaksanakan salat tarwih.

Mendengar salawat nabi dari Masjid Syifa Fityah depan kantor saya (Harian PARE POS), pukul 19.10 Wita, saya pun bergegas menuju Masjid Al Furqon yang juga di Jalan Bau Massepe Parepare.
Masjid Al Furqon, salah satu masjid binaan Muhammadiyah Parepare, ukurannya memang sederhana. Hanya memuat sekitar 150-an jamaah muslimin dan muslimat. Jika berada dalam masjid tersebut, malas rasanya beranjak untuk keluar meninggalkan masjid. Kita akan betah tinggal berlama-lama dalam masjid yang full AC tersebut.

Malam tadi (Senin, 8 Juli 2013), saya bersama warga muhammadiyah lainnya sudah mengawali Ramadan yang ditandai dengan pelaksanaan salat tarwih berjamaah setelah melaksanakan salat Isya di Masjid Al Furqon. Salat Isya maupun salat tarwih diimami Haji Betta, imam tetap masjid tersebut.
Sebelum pelaksanaan salat tarwih, didahului ceramah yang dibawakan Drs H A Jalil Usman.

Dalam ceramahnya Andi Jalil mengatakan, perlunya memahami hikmat menjalani kehidupan dengan mengetahui jalan yang diridhoi Allah maupun jalan yang dimurkai-Nya alias jalan sesat.

Sebelum salat tarwih, jamaah Masjid Al Furqon nampak tekun mendengarkan ceramah Drs H Andi Jalil Usman, Senin, 8 Juli 2013.
Menurutnya, di dalam kehidupan umat manusia ada tiga yang disukai oleh Allah SWT, yaitu tauhid yang murni, melaksanakan sunnah nabi SAW, dan melaksanakan ajaran agama sesuai tuntunan Alquran dan sunnah Rasul-Nya. Sebaliknya, kata Andi Jalil, ada tiga juga yang sangat dimurkai-Nya, yaitu syirik dengan mempersekutukan Allah SWT, melakukan bid'ah, dan durhaka. (*)

No comments:

Post a Comment