Monday, 19 August 2013

Jadi Pembimbing Mahasiswa PPL

Oleh Syahrir Hakim

Syahrir Hakim (ke 2 dari kanan) dan Anna mahasiswa PPL (ke 3 dari kanan).
DUA mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Parepare magang di PARE POS. Anna Yulianti dan Abdul Malik, keduanya mahasiswa jurusan Komunikasi dan Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) melaksanakan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama satu bulan.

Selama magang, oleh pimpinan PARE POS, saya ditunjuk menjadi Redaktur Pembimbing. Berbekal Surat Keterangan yang saya berikan, keduanya mulai melaksanakan tugas liputan Senin, 15 Juli 2013.

Walaupun dalam kondisi menunaikan puasa Ramadan, tetapi keduanya tetap bersemangat mencari dan mewawancarai narasumber. Layaknya wartawan yang sudah "jadi", kedua menerima penugasan di pagi hari, siang kembali ke kantor mengetik berita hasil liputannya.

Meski tidak cukup satu bulan penuh keduanya menjalani magang, namun semua tugas yang saya berikan "dilalap" habis. Maklum, dalam perkuliahan sudah banyak teori tentang dunia jurmalistik yang diterima dari para dosen mereka.

"Apa berita hasil liputan kalian hari ini?" tanya saya. Hampir setiap hari saya memberikan pertanyaan yang sama.

"Tidak ada! Karena latihan Paskibra yang biasanya di halaman Islamic Centre, tidak ada. Kemudian penugasan ke Kreditplus tidak berhasil, karena pimpinannya lagi keluar," itu alasannya.

Ok, meski alasannya dapat diterima, tetapi saya tidak mau jika hari ini, keduanya tidak membuat berita. Saya beri tugas ke Panti Asuhan Hidayatullah yang letaknya di belakang Kantor DPRD Parepare. Ada beberapa hal yang menarik untuk ditulis sekitar panti ini. Hasilnya, lumayan.

Itulah liputan terakhir kedua mahasiswa PPL tersebut hingga adanya surat rencana penarikan pada Jumat, 2 Agustus 2013. Sesuai kesepakatan, acara penarikan dilakukan pada sore hari jelang buka puasa di Ruang Rapat Redaksi PARE POS Lantai III, Jalan Bau Massepe No. 2 Parepare.

Sesuai rencana, penarikan kedua mahasiswa PPL dilakukan secara sederhana. Sementara kedua Wapimpred Nur Halim dan Rusli Amrullah bincang-bincang dengan dosen yang juga Ketua Panitia Pelaksana PPL Nurhikmah M.Sos.I, beduk tanda buka puasa pun terdengar. Awak Redaksi PARE POS, dosen, dan 3 teman Anna yang juga mahasiswa PPL di MCTV Pare, buka bersama.

Sebelum buka puasa bersama, para jajaran Redaksi dan Manajer foto bersama mahasiswa PPL STAIN serta Ketua Panitia PPL. (**)

No comments:

Post a Comment