Sunday, 8 December 2013

"Penyakit Malas" Mendera Hasratku......

Mulai Lagi Menulis

Oleh: Syahrir Hakim
Add caption

DUA bulan lebih blog ini, vakum. Tidak ada droping
tulisan dari pemiliknya.
Kenapa demikian? Jawabannya hanya karena penyakit "malas" yang lagi nangkring dan sulit diajak kompromi. Hehe, boleh juga alasannya......

Ke-"malas"-an lah yang mendera hasratku yang selama ini menggebu-gebu menyiapkan segala fasilitas yang berkaitan dalam membantu menyelesaikan satu-dua tulisan. Akibat ketiban "penyakit malas" itu tadi, setumpuk ide di dalam benak yang siap dituangkan dalam bentuk tulisan, terpaksa kabur satu per satu.  

Memang, seorang penulis atau blogger tidak boleh kering apalagi kehabisan ide. Selalu saja ada ide untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Saya pernah ditanya teman soal ide. Kata dia, dari mana seorang penulis mendapatkan ide untuk bahan tulisannya? Saya bilang: banyak. Boleh di pasar, mall, pinggir pantai, kafe2, tempat ibadah, atau di rumah sendiri sekali pun dengan nonton acara TV atau baca koran. Ide itu berseliweran di mana-mana, kita lah yang harus jeli menangkap dan pandai-pandai menggali bahan, sehingga dari ide itu dapat menjadi tulisan yang menarik buat dibaca sampai habis.

Tidak ada alasan bagi seorang blogger vakum, membiarkan blognya kosong melompong bagai kain layar tancap. Blogger wajib mengisi blognya setiap hari, paling tidak tiga tulisan seminggu. Saya kutip nasihat Om Jay (Pak Wijaya Kusumah) di Kompasiana. Jadi balik lagi hanya "penyakit malas".

Alasan kondisi kesehatan pun tidak dapat dijadikan sebuah penghalang sehingga tidak tercipta sebuah karya tulisan. Sebab, beberapa bulan terakhir ini, kondisi kesehatan saya boleh dibilang Alhamdulillah sehat wal afiat. Memang beberapa bulan yang lalu saya langganan rawat inap di rumah sakit. Tetapi Alhamdulillah belakangan ini sudah bugar. Mungkin ruang kerjaku di kantor berada di Lantai III, sehingga mau tak mau harus ngos-ngosan naik-turun setiap hari. Ataukah olahraga gowes yang saya lakukan hampir setiap sore, setelah istirahat dari kantor. Kedua aktivitas ini terasa sangat memberikan dukungan bagi kesehatan dan mengurangi hal-hal yang berpotensi menyebabkan stress.

Kalau soal keinginan menulis, bagi saya tidak saja dalam keadaan badan fit, tetapi dalam kondisi terbaring di rumah sakit sekalipun, jika keinginan itu datang, langsung nyari laptop dan mengetik apa yang ada dalam benak. Dan saat inipun lebih mudah lagi karena untuk mengetik tulisan di mana saja sudah didukung sebuah android Samsung Galaxi Tab 2 7.0.

Membuat sebuah tulisan di blog, rasa-rasanya tidak pula menyita waktu yang tersedia bagi rutinitas saya di kantor atau waktu istirahat. Sama sekali tidak. Jadi cukup waktu untuk dibagi, hanya ke-malas-an sehingga blog ini terkesan dicuekin, tak pernah diisi.

Semua alasan di atas tadi sudah terjawab, lantas muncul pertanyaan. Adakah kiat-kiat yang dapat mengobati "penyakit malas" menulis itu? Jika ada di antara teman-teman blogger yang pernah menemukannya, tolong di-share ke saya. Sebelumnya diucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment