Wednesday, 21 January 2015

Antisipasi Pohon Tumbang

Oleh Syahrir Hakim

Cuaca akhir-akhir ini dianggap kurang bersahabat. Terkadang mendung, kadang panas terik, dan kadang juga hujan gerimis. Tetapi yang lebih sering hujan deras disertai tiupan angin kencang. Kondisi seperti ini biasa disebut cuaca tak menentu, cuaca buruk atau cuaca ekstrem.

Cuaca seperti ini muncul setiap tahun. Jika tiba masanya, diharap berhati-hati. Baik yang berdiam di rumah maupun pengguna jalan. Sebab, curah hujan yang disertai angin kencang, kadang menerjang apa saja. Terutama pohon yang sudah lapuk akan tumbang. Braaak.....!

Di kotanya La Oegi, Antah Berantah, sudah beberapa pohon yang tumbang. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materi. Penyebab pohon itu tumbang, hujan deras disertai angin kencang. Kata warga sekitar tempat kejadian.

Menyikapi fenomena alam ini, La Ogie berharap, instansi terkait melakukan sejumlah antisipasi. Salah satunya, menebang pohon yang berpotensi tumbang. Terutama pohon yang sudah tua dan lapuk. Batangnya mulai rapuh, sehingga akarnya tidak kuat menahan beban. Jika pohon seperti ini dibiarkan, jelas akan membahayakan. Bisa tumbang kapan saja.

Jika tumbang menimpa rumah salah satu warga, akan merepotkan instansi terkait. Pemilik rumah akan meminta dana bantuan perbaikan rumah. Jika pemilik atau anggota keluarganya ada yang cedera, jelas paramedis akan turun tangan. Batang pohon yang tumbang pun akan mengganggu arus lalu lintas.

Selama ini instansi terkait telah berupaya melakukan pemangkasan pada bagian dahan dan ranting pohon. Namun ternyata hasilnya kurang efektif. Sebab, beban akar pohon hanya berkurang sedikit. Sedangkan bagian atas masih menjulang tinggi. Akibatnya begitu hujan turun disertai angin, pohon pun tumbang.

La Oegie juga berharap agar instansi terkait menyiapkan tim yang bersiaga penuh saat mendapat informasi pohon tumbang. Tim tersebut nantinya segera turun ke lokasi untuk melakukan pemangkasan sekaligus pembersihan, sehingga arus lalu lintas tak terganggu. (**)


No comments:

Post a Comment