Monday, 10 April 2017

Hati yang Bersih, Terasa Lebih Nikmat Berumrah

Panggilan ke Baitullah (1)

Laporan Syahrir Hakim

SEBANYAK 90 calon jemaah umrah dari berbagai daerah akan diberangkatkan penyelenggara haji dan umrah Al Buruj Tourism, Rabu, 12 April 2017. Sebelumnya, para calon jemaah mendapatkan pembekalan dalam manasik di D'Maleo Hotel Makassar, Sabtu, 8 April 2017.

Di hadapan para calon jemaah, Ustaz H Rahman Qayyum memberikan penjelasan seputar pelaksanaan ibadah umrah yang baik dan benar. Dikatakan, seseorang yang sudah bertekad untuk memenuhi panggilan Allah dengan umrah, haruslah bertobat terlebih dahulu atas segala kesalahan yang pernah ia perbuat.

Menurut ustaz, setelah bertobat dan membersihkan diri dari segala dosa, menghadapkan hati dan memenuhi panggilan Allah untuk bertamu ke Baitullah terasa lebih nikmat. "Memandang Ka’bah akan menjadi keharuan dan kesan tersendiri bagi orang-orang yang memandangnya dengan niat dan hati yang bersih," kata Ustaz Rahman.

Dua calon jemaah umrah Al Buruj, Muhammad Yusuf Nu'mang (Sidrap) dan Juswan Sade Kasang (Soppeng) secara terpisah memuji pelayanan Al Buruj. Keduanya sudah dua kali menunaikan umrah melalui travel ini. "Pelayanannya bagus. Memang, kata orang-orang mahal, tapi kita puas menikmati akomodasinya," kata Juswan.

Menejer Operasional Al Buruj Yadin mengatakan, rencana pemberangkatan dari Makassar ke Madinah, Rabu, 12 April 2017 menggunakan pesawat Saudi Arabia Air Lines. Di Madinah, para jemaah akan menginap di Royal Makareem Hotel. Sedangkan di Makkah nanti para jemaah akan menginap di Pullman Zam-Zam Hotel.

Dia menyebutkan, aktivitas jemaah selama perjalanan umrah. Setelah tiba di Madinah, Kamis, 13 April, jemaah dianjurkan memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi.

Esoknya, ziarah ke Makam Rasulullah SAW, Abubakar Siddiq, Umar bin Khattab dan pemakaman Baqi. Kemudian memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi. Masih di Madinah, kata Yadin, pukul 07.00 jemaah melakukan tur situs penting. Di antaranya Masjid Quba, Kiblatain, jabal Uhud dan perkebunan kurma.

Hari kelima sekitar pukul 13.00, jemaah berpakaian ihram bersiap-siap menuju Makkah untuk melakukan Umrah dan Miqot di Bir Ali. Tiba di Makkah, chek in di hotel. Setelah istirahat, jemaah langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah pertama. "Besoknya, jemaah dianjurkan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram," kata Yadin.

Hari ketujuh, pukul 07.00 waktu setempat jemaah diajak tur situs penting di Kota Makkah. Di antaranya Jabal Tsur, Jabal Rahma, Musdalifa, Mina, dan Jabal Nur. Selanjutnya, jemaah mampir di Masjid Ji' Rona untuk melaksanakan Miqot bagi yang akan melaksanakan umrah kedua.

"Bagi yang akan melaksanakan umrah kedua, kembali dulu ke hotel beristirahat, kemudian menuju Masjidil Haram umrah yang kedua," tutur Manajer Operasional Al Buruj itu.

Hari kedelapan dan kesembilan, jemaah masih berada di Makkah Almukarramah. Dalam dua hari ini, kata Yadin, jemaah dianjurkan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram. Selanjutnya, esok hari, jemaah melakukan Tawaf Wada'.

Setelah itu, dalam perjalanan menuju Jeddah, jemaah singgah di Cornice dan Masjid Terapung. Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, jemaah Al Buruj meninggalkan Saudia Arabia menuju Bandara Internasional Hasanuddin," jelas Yadin. (**)

No comments:

Post a Comment